Nilai Dasar

Nilai-nilai dasar organisasi memberikan ruang pengakuan pada Piagam Bumi (Earth Charter), yang mengakui bahwa perlindungan lingkungan, hak asasi manusia, pembangunan manusia yang berkeadilan dan perdamaian adalah saling terkait dan tidak terpisahkan. Nilai-nilai dasar organisasi yang akan memberikan panduan pada segenap pencapaian misi adalah sebagai berikut :

  • Keanekaragaman. LELi Meyakini bahwa keanekaragaman hayati dan kehidupan di dalamnya menjamin keberlangsungan kehidupan di bumi.
  • Keberlanjutan. LELi menjunjung tinggi prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan, untuk itu selalu mengedepankan pendidikan dan pelatihan lingkungan yang holistik dan berjangka panjang, dengan pendekatan secara menyeluruh dan terpadu.
  • Keadilan. LELi Meyakini bahwa kehidupan yang adil merupakan cita-cita bagi semua manusia tanpa kecuali: golongan masyarakat dan daerah, serta antar-wilayah dan antar-generasi.
  • Kemandirian. LELi mengutamakan kemampuan dan keswadayaan dalam memenuhi kebutuhan sendiri. Mencegah kondisi ketergantungan pada pihak luar dengan mengembangkan kemandirian dalam melestarikan lingkungan hidup dan mengelola sumber daya alam, mengambil keputusan dan penyelesaian masalah.
  • Kepedulian. LELi Menunjukkan rasa peduli dan pemihakan pada nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan. Kepedulian terhadap semua makhluk hidup, pada keutuhan ekologi dan kelestarian alam, kepada kelompok masyarakat yang miskin dan rentan, serta kepada hak-hak dan kearifan masyarakat adat/lokal.
  • Kepercayaan. LELi Menganggap kepercayaan sebagai modal yang paling menentukan dalam membangun kerjasama dan kemitraan. LELi berupaya membangun dan menjaga kepercayaan yang tinggi.
  • Bertanggung Jawab. LELi Menumbuhkan sikap jujur, terbuka, dan bertanggung jawab kepada komunitas, publik dan generasi yang akan datang. Mendorong “good governance” dengan perangkat sistem yang menjamin transparansi dan akuntabilitas kepada publik dan kepada para pemangku kepentingan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s