Lokakarya Danau 2004

SIARAN PERS

Indonesia memiliki lebih dari 500 danau besar maupun kecil yang tersebar di berbagai wilayah. Danau dan waduk adalah cekungan yang terjadi karena peristiwa alami atau sengaja dibuat manusia untuk menampung dan menyimpan air yang berasal dari hujan, mata air, dan atau sungai. Pada beberapa tahun terakhir ini, ekosistem danau dan waduk sebagai salah satu sistem penyangga kehidupan yang penting saat ini telah mengalami penurunan fungsi, baik dalam kuantitas maupun kualitasnya, karena pencemaran dan kerusakan lingkungan yang tinggi.

Danau Toba, Danau Sentarum, Danau Singkarak, Danau Maninjau, Danau Limboto, Danau Rawa Pening, Danau Tempe, Danau Tondano, Waduk Karangkates, Wonogiri, Saguling, Cirata, dan Jatiluhur merupakan danau dan waduk yang sedang terancam kelestarian fungsinya. Erosi di hulu di daerah tangkapan air menyebabkan sedimentasi di berbagai waduk dan danau sehingga mengurani daya tampung air dan penurunan fungsi pengendalian banjir dan kekeringan di daerah hilir. Demikian juga penurunan debit air Danau Toba di Sumut membawa dampak pada penurunan kapasitas listrik PLTA Asahan dan produksi PT Inalum. Selanjutnya danau-danau yang mempunyai spesies-spesies langka, antara lain di Danau Jempang, Semayang dan Melintang di Propinsi Kalimantan Timur yang memiliki Pesut Mahakam saat ini telah mengalami penyusutan populasi yang memprihatinkan sehingga perlu segera mendapat perhatian dan perlindungan yang memadai. Taman Nasional Danau Sentarum di Kalimantan Barat, walaupun telah menjadi situs Ramsar tetap terancam kelestariannya karena mis-kelola.

Kawasan sekitar danau/waduk di dalam peraturan perundangan termasuk kawasan lindung, oleh karenanya dalam pengelolaan dan pemanfaatannya harus memperhatikan UU No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, UU No. 2 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, UU No. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang, Keputusan Presiden No. 32 Tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung, dan UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistemnya. Namun seiring dengan semakin meningkatnya permasalahan danau, seperti : pendangkalan danau akibat erosi, pencemaran, eutrofikasi, introduksi spesies asing, eksploitasi sumberdaya, menurunnya muka air danau, dan terjadinya konflik pemanfaatan air danau di perlukan peraturan pelaksanaan pengelolaan danau dan waduk yang lebih operasional.

Menyadari arti pentingnya potensi, nilai dan fungsi danau dan waduk perlu dilakukan upaya pengelolaan danau yang berwawasan lingkungan untuk terjaminnya fungsi ekosistem danau sebagai penyangga sistem kehidupan, terjaminnya kelestarian danau beserta komponen-komponen keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya, dan terselenggaranya pemanfaatan danau secara lestari.

Pengelolaan danau saat ini belum mencerminkan pengelolaan danau yang berwawasan lingkungan. Salah satu kendala utama dalam upaya pengelolaan danau di Indonesia adalah: lemahnya kapasitas kelembagaan pengelolaan; kurangnya koordinasi dan kemitraan; kurangnya pemahaman, kesadaran, pengetahuan, kemauan dan kemampuan, serta keterlibatan masyarakat; dan kurangnya dukungan pendanaan dan penelitian terhadap pengembangan kegiatan pengelolaan danau.

Upaya-upaya yang sedang dan akan terus dilakukan dalam rangka pengelolaan danau di Indonesia, antara lain: membangun komitmen seluruh pihak dalam upaya bersama melaksanakan pengelolaan danau secara bijaksana dan lestari; pembentukan Forum Danau Indonesia; mengembangkan jaringan kerjasama daerah, nasional, regional dan internasional dalam upaya perlindungan dan pelestarian danau; menyusun Direktori Danau Indonesia dan menyusun visi Danau Indonesia dengan melibatkan para pemangku kepentingan.

Gagasan pembentukan Forum Danau Indonesia telah dimulai sejak pertengahan tahun 2003 yang lalu. Gagasan ini kemudian diwujudkan secara resmi dengan akte notaris yang prosesnya akan selesai pada akhir bulan Desember 2004.

Informasi lebih lanjut:
Kepala Bidang Ekosistem Air Tawar (pada Asdep Urs. Ekosistem Darat)
Tlp./Fax. (021) 859-04934
Kontak: Jossy Suzanna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s