Prihatin Galian C Tak Berizin di Kab Batang

MARAKNYA aktivitas penambangan galian C di Kabupaten Batang mengundang keprihatinan pemerhati dan pecinta lingkungan. Mereka berharap, Pemkab selektif dan kompeten dalam memberikan izin.

’’Kami sangat prihatin dengan kondisi alam lingkungan di Kabupaten Batang yang dicabik-cabik dengan alat berat penambangan galian golongan C. Mohon, agar Pemkab menindak tegas penambang yang tidak memiliki izin,’’ tandas aktivitas lingkungan Nurhadi ’’Suwung’’.

Tindakan tegas juga diberlakukan bagi, penambang  yang tidak sesuai dengan perizinannya. Bahkan, kalau perlu mencopot atau menarik izinnya.

Aktivis lingkungan mensinyalir banyaknya penambang galin C yang belum memiliki izin, namun sudah beroperasi. Itu berdasarkan investigasi di beberapa lokasi yang selama ini ditambang baik pasir, bebatuan baik yang kecil maupun besar.

’’Kami mendesak agar Satpol PP proaktif memantau ke lokasi-lokasi. Selanjutnya, jangan ragu untuk menindak tegas. Bupati saja sudah tegas-tegas memberhentikan beberapa lokasi, sedangkan yang lainnya masih banyak yang tetap beroperasi.’’

Sedangkan terkait pemberian izin agar dilakukan benar-benar selektif. Dengan melakukan kajian serta pemantauan saat pelaksanaan penggalian.

Itu untuk mengeleminir penyelewengan izin yang dilakukan penambang. Sehingga, operasional sesuai dengan perizinan yang berlaku. (SM-Arif Suryoto-48,23)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s