Kom VII DPR Kritisi Mandegnya Pengelolaan Danau oleh 9 Kementerian

Jakarta, Seruu.com – Rapat kerja antara Panja Penyelamatan Danau Komisi 7 dengan 9 (sembilan) kementrian yang tergabung dalam Tim 9 Menteri yang menandatangani Kesepakatan Bali tentang pengelolaan 15 danau prioritas berkelanjutan menghasilkan beberapa kemajuan. Sayangnya kemajuan masih sebatas usulan dan wacana sejak ditandatanganinya KNDI 1 pada tahun 2009 yang lalu.

Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan danau diantaranya adalah alih fungsi lahan daerah tangkapan air, sedimentasi, enceng gondok, penurunan volume air, erosi hingga masalah konflik kelembagaan. Dipilihnya 15 danau prioritas mempertimbangkan parahnya kondisi 15 danau yang terletak di pulau sumatera, pulau jawa,bali,kalimantan,sulawesi dan papua.

Menanggapi hal tersebut, Dewi Aryani anggota Komisi VII DPR RI menilai bahwa seharusnya pemerintah lebih menunjukan itikadnya dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

“Semestinya pemerintah segera melakukan kordinasi antar kementrian dengan segera membentuk lembaga, dewan atau komite tim 9 penyelamatan danau yang di kordinatori (di ketuai) oleh Menteri Lingkungan Hidup. Kelembagaan amat penting sebagai lokomotif pelaksanaan program. GERMADAN (Gerakan Penyelamatan Danau di Rawapening) sebagai pilot project seharusnya segera dilaksanakan. Jangan mandeg setelah hampir 2 tahun berjalan,” tuturnya, Senin (19/3/2012).

Menurut Dewi banyak aspek yang dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat bila ke 9 danau tersebut dapat diselamatkan diantaranya adalah nilai ekonomis danau itu sendiri. “Karenanya perlu pengelolaan yang terintegrasi antar stakeholder, supaya tidak menyalahi juga peraturan per-UU-an yang berkaitan dengan Garis Sepadan”, jelas politisi PDIP tersebut. [ms]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s