Penyelewengan Proyek IPAL BLH Medan

Proyek Pembuatan Ipal BLH Medan Diduga Diselewengkan

Medan-ORBIT: Proyek pembuatan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan sarat penyimpangan.

Informasi dihimpun Harian Orbit, hingga Senin (21/5), diketahui proyek yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2011 dan dana pendamping APBD tahun 2011 itu, diduga  diselewengkan sehingga tidak berjalan.

Disinyalir, program pembangunan IPAL untuk 7 Puskesmas di antaranya, Petisah, Kampung Lalang, Kampung Baru, Medan Johor, Binjai, Sukaramai, Glugur Darat, masing-masing memperoleh Rp81 juta.

Bahkan, temuan wartawan di beberapa lokasi pembangunan lainnya, alat tersebut sama sekali tidak berfungsi, karena tidak selesai dikerjakan.

Diduga, akibat hal itu berpotensi mengalami kerugian uang negara hingga Rp240 juta. Dimana, mark-up dilakukan hampir Rp30 juta untuk pembangunan 7 Puskesmas tersebut.

Menanggapi persoalan itu, Direktur Eksekutif Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Transparansi Anggaran Pembangunan Indonesia Matra Bangsa, Marisal R Purba, minta Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan turun ke lapangan lakukan penyelidikan.

“Ini bukan delik aduan. Untuk itu, kita berharap Kejari Medan mengambil tindakan, lakukan penyelidikan terhadap adanya dugaan penyimpangan keuangan negara dalam pembangunan proyek tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Penegakan Hukum Lingkungan Hidup, Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD), BLH Medan, Adnan Syam Zega, mengaku masalah ini bukan menjadi urusannya.

“Kalau persoalan ini bukan urusan saya. Silakan saja menghubungi Hartati Br Simamora. Karena yang bersangkutan merupakan Kepala Bagian Penanggulangan Bahan Beracun Berbahaya (B3) BLH Medan,” ujarnya sembari berjanji akan memberikan nomor kontak yang bersangkutan.

Namun hingga berita ini diturunkan, Zega tak juga mengirimkan nomor ponsel yang telah dijanjikannya untuk dilakukan konfirmasi. Om-32

Tuesday, May 22nd, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s